20 June 2008

Boot Windows Tanpa Load Start-up

tidak tahu cara menjalankan program ketika Windows aktif? Dengan memberikan alamat atau path program yang ingin dijalankan pada HKEY_LOCAL_MACHINE-Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion-Run atau HKEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Windows NT-CurrentVersion-Windows-Run. Semua program yang alamatnya tercantum di sana akan dieksekusi setiap kali Windows diaktifkan.

Bukan hanya itu, Windows juga memiliki opsi RunOncedi bawah HKEY_CURRENT_USER maupun HKEY_LOCAL_MACHINE. Semua daftar aplikasi yang ada di sini hanya akan dieksekusi satu kali saat Windows di-restart.

Program-program di situ bisa menyebabkan waktu aktif Windows lebih panjang. Tapi, menghapus seluruh program di situ juga bukan solusi yang baik.Sebabnya, Anda akan kerepotan saat memerlukan startup Windows dengan program start-up yang lengkap.

Solusi yang terbaik adalah menggunakan Group Policy. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan menonaktifkan daftar run sesuai dengan kebutuhan hanya dengan beberapa langkah ini.

1. Jalankan Group Policy Editor dengan mengklik [Start] > [Run...], ketik “gpedit.msc” pada kotak teks Run, lalu tekan [Enter].
2. Pada bagian kiri jendela Group Policy masuklah ke folder Local Computer Policy-Computer Configuration-Administrative Templates-System-Logon.
3. Carilah [Do not process the legacy run list] yang terdapat di bagian Setting.
4. Klik dua kali pada opsi tersebut.
5. Pada jendela Properties yang muncul terdapat tiga opsi, [Not Configured], [Enabled] dan [Disabled]. Jika Anda memilih [Enabled] maka seluruh daftar Run yang terdapat di registri akan diabaikan. Sedangkan jika Anda memilih [Not Configured] atau [Disabled], sub key Run akan dieksekusi tiap kali Windows start.
6. Jika Anda telah menentukan pilihan, klik [OK].
7. Sekarang carilah [Do not process the run once list], kemudian klik dua kali di situ. Atur radio button ke [Enabled].
8. Klik [OK] lalu tutup jendela Group Policy Editor.

No comments: