06 June 2008

Merubah Setting Windows Dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Kepikiran ga punya Windows yang berbahasa Indonesia ? ngimpi banget tuh, lupakan aja mimpi itu karena tidak akan pernah ada MS Windows berbahasa Indonesia, tapi ga tahu kalo beberapa taon kemudian Tapi kalau yang Anda inginkan adalah tulisan berbahasa Indonesia pada beberapa setting Windows, mudah banget tuh.

Coba buka Windows Explorer. Dari menu View, pilih Folder Options. Pindah ke tab View. Akan muncul tampilan advanced setting yang berisi direktori files and Folder lha yang didalam direktori itulah yang bias di Indonesiakan, seperti pilihan Allow all Uppercase names yang di Indonesiakan menjadi “Gunakan Huruf Besar” terus Show file attributes in detail view di indonesiakan menjadi “Tampilkan Atribut pada detail View” lalu show all file di indonesiakan menjadi “Tampilkan semua file”, dan seterusnya tergantung selera kamu bagaimana pengin menggantinya.

Semua setting asli windows berbahasa inggris, misalnya Allow all uppercase names, hide file extensions for known file types, dan lain-lain. Untuk mengganti tulisan tersebut menjadi teks berbahasa Indonesia atau bahasa apa sesuka sampeyan !!caranya adalah sebagai berikut :
1. Dari Start Menu, pilih Run.
2. Ketikkan regedit, klik OK.
3. Pindah ke key HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindows
CurrentVersionexplorerAdvancedFolder.
4. Back up file registry tersebut, supaya kalau ada kesalahan Anda masih mengembalikan seperti keadaan semula.
5. Cari string ‘Text’ (tanpa tanda petik) yang terletak pada panel sebelah kanan untuk masing-masing subkey. Lalu ganti isinya (atau Data-nya).

Kalau masih bingung, di bawah ini kami berikan contoh lengkapnya :
Di bawah key HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersion
explorerAdvancedFolder terdapat beberapa subkey, diantaranya adalah ClassicViewState, DontPrettyPath, Hidden, HideFileExt, dan seterusnya.
Sekarang pindah ke subkey HideFileExt. Perhatikan pada panel di sebelah kanan, terdapat Name=Text dan Data=Hide file extensions for known file types. Untuk mengganti menjadi bahasa Indonesia klik dua kali pada tulisan Text. Isikan dengan (misalnya) ‘Sembunyikan ekstensi file untuk type file yang diketahui’ (tanpa tanda petik).

Untuk setting yang lainnya caranya sama dengan di atas. Pertama pindah ke salah satu subkey. Klik dua kali pada Text dan ganti tulisan berbahasa Inggris tersebut dengan tulisan Anda. Rubah semua setting menurut selera sampeyan klo perlu pake bahasa gaul, biar temen2 kamu kagum koq bisa ya ngrubah setting windows ke bahasa gaul…..

Selamat mencoba !!

No comments: