16 June 2008

Solusi ketika UFD Ngadat

Dalam menjelajah dunia maya kita sering menemukan hal yang penting untuk kita simpan. USB flsh drive merupakan media tepat karena kapasitasnya yang yang cukup besar dengan bentuk yang cukup mungil. Apakah sobat pernah mengalami media penyimpan data USB Flash Drive (UFD) sobat ngadat, tak mau dilepas secara aman dari komputer? Biasanya sih hal itu terjadi karena file yang ada dalam UFD sedang dioprasikan atau dibaca oleh sistem. Atau mungkin ada masalah lain, virus misalnya. Jika hal demikian terjadi lagi, sobat bisa mencoba tiga tips berikut untuk mengatasinya.

1. Memanfaatkan Task Manager
Seringkali ketika akan dilepas dari kompute, terdapat pernyataan USB Flash Drive tak aman dicopot. Jika sobat sudah menutup semua program dan USB Flash Drive tetap ngadat tak mau dilepaskan dari komputer, cobalah memakai aplikasi 'Task Manager'. Tekan " Ctrl+Alt+Delete" secara bersamaan untuk memunculkan Task Manager di Windows XP. Kemudian klik Tab "Procceses". Setelah itu, periksalah detail proses-proses yang sedang terjadi.
Jika terdapat proses yang sekiranya berasal dari USB Flash Drive, pilihlah proses tersebut kemudian tekan "End process". Kemudian cobalah untuk kembali melepaskan USB Flash Drive.
2. Mencabut langsung dengan catatan.
Namun jika dengan cara diatas USB Flash Drive tetap dinyatakan tak aman dilepas, ada 2 pilihan yang bisa sobat coba yaitu mematikan komputer kemudian cabut UFD tersebut. Atau bisa juga menempuh cara beresiko dengan langsung saja mencabut USB Flash drive. Namun langkah ini dinilai tak menimbulkan masalah asalkan semua program sudah sobat tutup. Namun tiada jaminan Flash DRive sobat aman dengan cara ini.

3. Memakai Software USB Safely Remove.
Sobat juga bisa mencoba versi trial software bernama USB Safely Remove. Software ini gunanya untuk menganalisis penyebab UFD gak mau dilepas, kemidian menunjukan solusinya . Hanya saja, jika sobat ingin memiliki software ini secara permanen, sobat harus membayar sejumlah uang. Silakan kunjungi alamat http://www.safelyremove.com

No comments: