08 June 2008

Cara Menemukan program mata-mata

Sebelum benar-benar menyerang, hacker biasanya mencari info tentang sasaran mereka. Program-program sejenis Spyware sangat membantu para hacker dalam pengumpulan informasi calon targetnya. Oleh karena itu, Windows Defender yang tersedia gratis bisa membantu Anda. Ia memang tidak bisa bersaing dengan antivirus profesional, tetapi tetap memiliki feature-feature berguna. Jika Anda menginginkan Windows Defender, Anda bisa men-download program ini di www.microsoft.com/downloads.

Setelah proses instalasi selesai, biasanya Windows Defender langsung mengawasi keamanan sistem Anda secara otomatis. Namun, Anda perlu memerhatikan sebuah option dalam program ini. Coba Anda klik “Tools| Software Explorer”. Di balik tampilan Defender, tersembunyi sebuah tool yang membantu Anda untuk menangani dan melacak malware.

Poin terpenting dalam Windows Defender adalah proses autorun. Di sini program dapat menampilkan semua software yang bisa dijalankan (di-load) secara otomatis saat Windows dijalankan. Klik saja sebuah nama file dan Anda akan mendapatkan informasinya dengan detail, seperti lokasi pada hard disk atau tanggal instalasi.

Apabila sebuah file tampak mencurigakan, Anda perlu menjinakkannya dengan tombol “Disable”. Namun, bila Anda sudah benar-benar yakin file tersebut sebuah spyware, Anda dapat menghapus seluruhnya dengan “Remove”. Di dalam kategori “Currently Running Programs”, Anda bahkan bisa melihat Task Manager yang telah diperbaiki. Pada kategori “Network Connected Programs”, Windows Defender tidak hanya menampilkan semua port terbuka. Nama program yang berhubungan dengan port tersebut juga ditampilkannya. Di bagian ini, kami menyarankan agar Anda tidak langsung menutup proses yang mencurigakan. Sebaiknya, gunakan terlebih dahulu option “Block Incoming Connections” untuk memblokir port dan aplikasi dengan Windows Firewall.

Selain Windows Defender, Anda bisa juga memanfaatkan program HijackThis untuk mengamankan PC. Program gratis keluaran Trend Micro ini telah berkembang menjadi program yang banyak disarankan dalam forum-forum mengenai keamanan PC di web. Cara kerjanya mirip Windows Defender. Melalui tombol-tombol yang ada di dalamnya, ia memeriksa semua akses autorun.

No comments: