08 June 2008

Setting Proxy

Seting proxy server dapat dilakukan melalui aplikasi browser (baik Internet Explorer / IE maupun Netscape Navigator).

Untuk IE versi 5.O
1. Jalankan IE, klik menu Tools, lalu pilih Internet Options. Maka akan muncul window Internet Options, pilih tab Connection sehingga muncul seperti dibawah.





















2. Pada kotak Dial-up settings, pilih SijiwaeNet (pilihan ini seharusnya muncul bila anda telah membuat seting dial up modem sebelumnya). Kemudian tekan tombol Settings. Maka akan muncul window SijiwaeNet Settings seperti dibawah.




















3. Perhatikan pada kotak Proxy Server. Pada Use a proxy server, kotak pilihan dikosongkan (tidak diberi tanda). Artinya, kita memberikan seting agar browser tidak usah menggunakan proxy. Hal ini dilakukan karena untuk akses lewat SijiwaeNet, seluruh pengguna telah diset agar secara otomatis agar menggunakan proxy Telkom secara default, sehingga tidak perlu dilakukan seting.

Jangan lupa klik tombol OK. Maka seting proxy telah selesai.


Sekedar catatan.

Apa itu proxy ?

Proxy server merupakan server yang digunakan untuk menyimpan data web yang pernah diakses oleh pengguna. Manfaat dari proxy server adalah untuk mempercepat akses ke situs web.

Beberapa pengguna internet biasanya pernah mengakses situs informasi yang sama. Sebagai contoh, setiap pengguna selalu mengakses suatu situs, misalnya Yahoo!.

Tanpa proxy, setiap pengguna harus melakukan akses langsung ke server Yahoo! di Amerika, pada informasi yang diambil sama.

Dengan adanya proxy server, pengakses yang akan melihat halaman Yahoo! tidak perlu harus selalu mengakses secara langsung ke server tersebut (yang letaknya di Amerika), tetapi cukup melihat pada cache proxy server setempat (di Indonesia).

Bagaimana informasi suatu web disimpan di proxy ?
Begitu salah seorang pengguna mengakses suatu situs, halaman situs tersebut akan secara otomatis tersimpan pada proxy server TelkomNet. Dengan demikian pengguna lain yang akan mengases situs yang sama tidak perlu harus melakukan akses langsung, cukup mengambilnya dari proxy server lokal.

No comments: