08 June 2008

System Restore Untuk Menangkal Virus

Mungkin anda sudah jengkel dengan mahluk yang namanya virus, trojan,spyware ataupun addware. Banyak cara untuk menangkal agar komputer kita tidak terjangkit virus dan semacamnya, seperti yang penulis lakukan yaitu salah satunya dengan meng-update database antivirus yang dimiliki, setidaknya hal ini dilakukan seminggu sekali, hal ini mengingat setiap hari setidaknya lahir 200-300 virus beserta varian-nya.

Namun tahukan anda bahwa sebenarnya jika komputer anda tidak dipasang anti virus pun, anda bisa menangkal virus di komputer anda, tetapi ini hanya berlaku jika anda menggunakan OS windows XP, Server 2003, dan Win Vista. Karena hanya OS tersebut yang memiliki feature System Restore.

System Restore bisa diakses pada menu START –> Program –> Accesories –> System Tools –> System Restore

Untuk membuat backup system, diusahakan anda membuat backup system setiap hendak mematikan komputer anda, sehingga jika tiba-tiba komputer anda kena virus, maka anda tinggal melakukan restore system yang telah dibackup sebelumnya.

Pada screen system restore anda akan dihadapkan pada tiga pilihan yaitu :



* Restore my computer to eralier time


* Create a restore point


* Undo my last retoration

Untuk melakukan backup system anda, maka pilihlah pilihan kedua, selanjutnya anda diminta untuk mengisikan nama dari backup yang anda buat, sedangkan untuk melakukan pemulihan system jika komputer anda terkena virus, maka anda tinggal memilih pilihan pertama, kemudian anda akan disuguhi kalender event tentang backup yang telah anda lakukan, anda tinggal memilih tanggal yang dianggap menurut anda tidak kondisi komputer sedang dalam kondisi baik. Dan pilihan ketiga baru anda pilih jika dirasa pemulihan yang terakhir dilakukan akan dibatalkan.

Sebagai catatan untuk menggunakan feature ini, anda jangan menyimpan data pada drive C:\, karena pada saat dilakukan restorasi, semua data anda akan hilang dan terhapus, begitu pula aplikasi yang terkakhir anda install akan turut serta terhapus.

No comments: