08 June 2008

Pengaruh Sinar Matahari Pada Koneksi internet

Artikel ini bukan tentang tutorial Photoshop, dan mungkin judul artikel ini agak nyleneh, tapi memang seperti itu dan saya sendiri juga baru saja menyadari kejadian ini. Berhubung saya dulu pernah nulis skripsi dengan favorit mencari hubungan-hubungan dan korelasi, mungkin menyebabkan saya menganalisa sendiri penyebab lambatnya koneksi internet saya.

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya bahwa saya menggunakan layanan Speedy Office (unlimited), kali ini yang akan saya sampaikan adalah tentang kecepatan tranfer data Speedy. Pada awal penggunaan, koneksinya cepat sekali. Sangat cepat menurut saya. Namun mulai 3 mingguan terakhir ini kecepatannya melambat pada saat-saat tertentu.

Yang saya rasakan melambat adalah saat siang hari, biasanya saya pulang dari SMA dan sampai rumah sekitar pukul 13 hingga 14 siang, pada saat itu ketika saya melakukan koneksi internet terasa lambat. Dan setelah dicek kecepatannya, memang ternyata lambat. Bisa dilihat pada screen shot dari pengukuran kecepatan Speedy, yang bisa didapat dari sini.

kecepatan koneksi speedy

Selain lambat, biasanya berkisar antara 7 hingga 65 kbps, koneksi juga beberapa kali terputus.








kecepatan koneksi speedy terputus

Kelambatan ini hanya terjadi pada siang hari saja, karena pada saat malam hari kecepatannya terasa sekali. Benar-benar bisa nginternet dan ndownload sepuasnya. Sebagai pembanding, berikut ini screen shot yang sore hari, yang saya ambil pada saat saya sedang mengetik ini tadi sore.

kecepatan koneksi speedy sore

Saya sendiri tadi sore kaget saat melihat kecepatannya ini, karena baru kali ini bisa setinggi hampir 800 kbps.

Beberapa kali sudah menelpon ke 147, tentang kelambatan ini, dan pernah ada seorang petugas dari Speedy yang mengecek langsung ke rumah saya, sekaligus membenahi setting modem saya yang kurang sesuai. Setelah diperbaiki setting modemnya, lumayan, pada siang hari bisa lancar hingga 180an kbps, namun cuma bertahan selama 2 hari. Setelah itu kembali melambat.

Karena tidak tahu penyebab kelambatan koneksi internet ini, maka saya simpulkan sendiri bahwa ada korelasi yang berbanding terbalik antara intensitas sinar matahari yang menyebabkan peningkatan suhu kamar saya dengan kecepatan koneksi jaringan internet (walaupun kedengarannya keren, jangan dijadikan judul skripsi Anda. Karena ini cuma persepsi saya sendiri).

pengaruh sinar matahari

Pada akhir-akhir ini, waktu luang saya biasanya cuma pada siang hari (pada saat melambat koneksinya), dan malam hari sesudah ngajar, biasanya sampai rumah jam 22.30. Karena itu, maka pada bulan mendatang kemungkinan saya akan berpindah lagi ke paket time base agar pada siang hari saya bisa mematikan saja koneksi internet, jadi agak murah. Wong siangnya juga saya nggak bisa memakai. Dan ini membuat saya kembali harus sering melek malam.

Update (tanggal 17 Mei 2008)
Menurut salah seorang petugas Speedy yang saya telpon, katanya untuk alamat IP tertentu memang sedang ada hambatan, termasuk milik saya, dan sudah dilaporkan ke pusatnya. Dan sejak hari Kamis kemarin, koneksi internet Speedy mulai stabil. Dapat sekitar 300an kbps baik pada siang maupun malam hari.

No comments: