08 June 2008

Rencana Darurat untuk Serangan Virus

Keamanan yang benar-benar full memang tidak ada. Namun, ahli strategi yang pintar selalu memiliki rencana darurat yang dapat digunakan bila pertahanan telah runtuh. Kami akan menunjukkan bagaimana mendapatkan kembali kendali atas PC Anda dalam tiga langkah.

Jangan panik: Apabila penyusup sudah berapa pada PC, Anda harus tetap tenang. Jangan menginstalasi software baru dan jangan me-restart PC. Lebih baik update signature antivirus. Jika sistem tidak berfungsi, boot dari CD. Anda dapat menggunakan CD instalasi antivirus.

Mengisolasi Windows: Setelah Anda meng-update signature, segera putuskan koneksi Internet. Mengapa harus begitu? Hal ini untuk mencegah malware ikut meng-update dirinya (jika di PC Anda terdapat malware).

Memeriksa file-file mencurigakan: Jika antivirus Anda tidak menemukan malware, tidak berarti sistem Anda bersih. Sediakan waktu dan catat file-file dan hal-hal tak dikenal. Selain itu, file yang mencurigakan hingga ukuran 5 MB dapat Anda periksakan di www.virustotal.com yang memiliki lebih dari 20 antivirus di dalamnya.

No comments: