08 June 2008

Translator di dalam Browser Firefox

Anda sering menjelajah website yang berbahasa selain Inggris, seperti website berbahasa Jerman atau Rusia? Apabila dalam website tersebut terdapat kata-kata yang tidak Anda mengerti, biasanya Anda langsung membuka kamus untuk mengartikannya ke dalam bahasa yang Anda mengerti.

Tips: Untuk Firefox, Anda bisa menemukan solusi yang lebih singkat dari cara di atas. Anda tidak perlu lagi membuka kamus tebal di laci meja Anda. Bagaimana caranya? Gunakan salah satu add-ons dari Firefox.

Anda bisa menggunakan add-ons Quick Translations yang berukuran kecil. Untuk meng-install-nya ke dalam Firefox, klik “Tools| Add-ons”. Klik option “Get Extensions” yang ada di kanan bawah window “Add-ons”. Jika website add-ons sudah tampil di layar monitor Anda, ketik saja “Quick Translations” di kotak pencarian (Search). Setelah add-ons Anda temukan, klik “Add to Firefox”. Setelah restart Firefox, dua icon add-ons Quick Translations akan terlihat di pojok kanan bawah.

Untuk menggunakannya, pertama-tama Anda klik icon bergambar bendera lalu pilih salah satu bahasa. Misalnya, jika Anda ingin mengartikan kata-kata dalam website ke dalam bahasa Inggris, tentu Anda harus memilih “English”. Selanjutnya, di icon kedua (sebelah kiri icon bergambar bendera), klik untuk menampilkan menu konteksnya, lalu pilih salah satu “engine translator”. Untuk trik ini, kami memilih “Babylon”. Untuk mengujinya, Anda buka website berbahasa selain Inggris (misalnya Jerman dengan doman .de) lalu sorot salah satu kata yang ingin Anda cari artinya. Dengan sekejap, akan muncul window kecil yang menampilkan arti kata yang Anda sorot tersebut.

No comments: